Selasa, 08 Desember 2009

Yang Harus Anda Lakukan Setelah Cuti

Yang Harus Anda Lakukan Setelah Cuti

Selama ini cuti diyakini dapat men-charge batere otak anda, setelah beberapa lama suntuk bekerja. Makanya banyak karyawan yang tidak menyia-nyiakan mengambil jatah cuti. Tapi jangan mentang-mentang keasyikan cuti, anda malah lupa sama tugas-tugas di kantor. Jangan lupa, setelah cuti anda harus segera menunaikan tugas-tugas seperti halnya sebelum cuti.

Karena itu begitu masa cuti berakhir, persiapkan diri anda untuk menyambut hari-hari yang penuh gairah di kantor. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk menyambut hari pertama setelah cuti:

Temui atasan
Hari pertama di kantor setelah cuti, jangan langsung berkutat daengan komputer dan meja kerja anda. Temui atasan anda terlebih dahulu. Sadarilah, bahwa atasan anda adalah orang yang paling mengharapkan kehadiran anda untuk segera kembali bekerja dan menyelesaikan tugas-tugas kantor. Bicarakan dengan atasan apa-apa yang terjadi selama anda cuti. Tanyakan apa yang harus segera anda lakukan untuk membantunya.

Semangat baru
Jadikan hari pertama anda kembali ke kantor sebagai awal dari semangat dan komitmen baru. Karena cuti, seberapapun singkatnya semestinya dapat memperkaya wawasan dan memberi refleksi bagi perkembangan dan potensi diri anda. Jadikan hal ini sebagai momentum untuk memantapkan komitmen yang lebih baik pada pekerjaan anda. Anda harus mampu menjadikan saat ini sebagai saat yang paling tepat untuk berubah menjadi lebih baik.

Berbicaralah dengan rekan sekerja
Tanyakan perkembangan kantor selama anda cuti kepada rekan-rekan sekerja anda. Kumpulkan informasi, data, dan peristiwa yang perlu anda ketahui selama anda tidak di kantor. Hal ini penting bagi anda untuk menyusun jadwal dan prioritas pekerjaan. Namun jangan habiskan seluruh hari pertama anda dengan asyik bicara dan ngerumpi dengan rekan-rekan sekerja. Kangen sih boleh, tapi ingat anda harus segera kembali bekerja.

Periksa pesan-pesan yang masuk
Periksa surat-surat, memo, email, yang masuk ke meja kerja anda. Segera balas pesan-pesan yang penting dan mendesak yang harus anda tangani sendiri. Sedangkan pesan-pesan yang tidak harus anda tangani sendiri bisa Anda teruskan pada orang lain. Sadari pula bahwa selama anda cuti mungkin banyak pekerjaan yang terhenti di meja anda. Tugas anda adalah memperlancar arus pekerjaan itu dengan menanggapi dengan segera atau mendelegasikan pada staf anda.

Hubungi kolega dan mitra usaha
Hubungi kolega dan mitra bisnis yang harus mengetahui keberadaan anda sekarang. Hal ini akan memperlancar kembali proses bisnis yang mungkin sempat terhenti selama anda cuti. Bila anda tidak bisa menghubungi secara langsung, tinggalkan pesan lewat email atau lewat sekretarisnya. Ini menunjukkan bahwa anda siap untuk berbisnis kembali.

Evaluasi jadwal kerja anda
Tugas penting anda sekembali dari cuti panjang adalah segera menyesuaikan diri dengan irama kerja kantor. Jangan terhanyut oleh suasana cuti panjang anda kemarin. Mungkin anda butuh waktu untuk menyesuaikan diri pada hari pertama. Namun bisnis tidak bisa menunggu. Anda harus segera mengatur pekerjaan dan jadwalkan pertemuan dengan orang-orang penting yang akan membuka peluang bagi majunya bisnis anda.

Nah, anda yang saat ini tengah cuti dan masa cuti anda segera berakhir, persiapkan diri anda sebaik-baiknya untuk kembali ke kantor. Jangan sampai indahnya masa cuti justru membuat anda malas kembali ke kantor. Karena sudah semestinya cuti dapat meningkatkan gairah dan menambah semangat kerja anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar