Selasa, 08 Desember 2009

SASARAN-SASARAN SATU MENIT

Book Pointer: The One Minute Manager #2/5
RAHASIA 1: SASARAN-SASARAN SATU MENIT
Kenneth Blanchard Ph.D. & Spencer Johnson M.D.

Rahasia pertama dari tiga rahasia menjadi manajer satu menit adalah
penetapan sasaran-sasaran satu menit. Ini adalah pondasi dari manajemen satu
menit.

Persoalan yang banyak dihadapi karyawan adalah kesulitan mereka untuk
melihat sasaran yang harus dicapai. Banyak sekali kita melihat karyawan yang
bekerja tanpa motivasi, memberikan hasil yang biasa-biasa saja, bahkan
mereka dianggap sebagai orang sulit lagi menyusahkan. Tapi tak jarang di
luar pekerjaan, mereka justru tampak sebagai seorang yang penuh keceriaan
dan menyenangkan dalam mengerjakan kegiatan-kegiatannya.

Misal: ada karyawan yang tampak menyebalkan di kantor, justru sangat
bergairah ketika bermain bowling di luar jam kantor. Mengapa? Alasannya
sederhana saja, karena mereka mampu melakukan lemparan "strike". Mengapa
mereka mampu melakukan "strike"? Karena mereka tahu secara jelas botol-botol
bowling yang harus dijatuhkan. Botol-botol bowling itu adalah sasaran yang
jelas. Dan, setiap orang selalu termotivasi untuk melakukan sesuatu, asal
sesuatu itu jelas.

Kembali ke analogi bowling tadi. Mengapa seseorang senang bermain bowling?
Selain karena jalur lintasan dan bola-bola bolwing tampak jelas, mereka bisa
mengetahui skor yang mereka dapat dari setiap pukulan, sehingga mereka tahu
berapa bola lagi yang harus dijatuhkan. Dalam dunia manajemen, ini disebut
sebagai umpan balik. Umpan balik itulah yang menjadi motivator terbesar bagi
karyawan. Umpan balik dapat berupa penilaian prestasi. Umpan balik ini
menjadikan karyawan tampak baik. Bagi seorang manajer, umpan balik
membuatnya menjadi manajer yang baik, karena dengan demikian ia mengetahui
apa yang salah, apa yang benar, dan apa yang ada di tengah-tengah.

Umpan balik atas pencapaian sasaran-sasaran ini membuat seorang manajer tahu
karyawan mana yang jadi pemenang dan karyawan mana yang berpotensi untuk
jadi pemenang untuk anda latih sehingga menjadi pemenang. Ini didasari
pemahaman bahwa sesungguhnya setiap orang itu calon pemenang. Maka janganlah
kita tertipu oleh penampilan mereka yang tampak kalah. Semua ini bertujuan
agar setiap orang menjadi termotivasi sekaligus melakukan sesuatu yang
produkti. Dan, semua ini bermula dari penetapan sasaran, penilaian prestasi
dan perilaku yang sesuai dengan sasaran tersebut.

Apakah sasaran satu menit itu? Yaitu, sebuah sasaran yang berdasarkan pada
tanggung jawab yang jelas. Seorang manajer satu menit selalu menjelaskan apa
yang perlu dilakukan, atau apa yang disetujui oleh karyawannya untuk
dilakukan. Lalu menuliskannya sebagai sebuah sasaran dan standar
pencapaiannya dalam sebuah penjelasan yang tak lebih dari 250 kata. Sasaran
itu harus bisa dibaca dalam satu menit. Sasaran itu harus disepakati
bersama, dan dibuat rangkap dua. Satu untuk sang manajer, satu untuk
karyawan. Dengan demikian mereka bisa memeriksanya secara periodik.

Manajer satu menit percaya bahwa 80% hasil kita, yang benar-benar penting,
berasal dari 20% sasaran yang disepakati. Maka sasaran satu menit hanya
mencakup bidang-bidang utama dari tanggung jawab karyawan. Namun begitu,
manajer satu menit tidak berhenti hanya pada sasaran, ia juga berusaha
menjelaskan apa dan bagaimana bentuk pelaksanaan yang baik. Yaitu, dengan
mendorong karyawan untuk mencari pemecahan atas setiap persoalan yang
dihadapinya sendiri.

Jika seseorang karyawan telah mendapatkan tanggung jawab, maka semestinya ia
memutuskan sendiri demi tanggung jawabnya itu segala sesuatu yang harus
dikerjakannya. Tidak ada alasan bagi seorang karyawan untuk menggantungkan
keputusannya pada orang lain. Bukankah sasaran satu menit telah menjadi
tanggung jawabnya sendiri. Maka dia harus memahami bentuk perilaku dan
pencapaian yang diharapkan secara jelas.

Jadi, penetapan sasaran satu menit adalah:

1--Menyetujui sasaran-sasaran anda.

2--Melihat seperti apa perilaku yang baik itu.

3--Menuliskan setiap sasaran anda pada satu lembar kertas dengan menggunakan
kurang dari 250 kata.

4--Membaca dan membaca ulang setiap sasaran, yang menuntut kurang lebih
hanya satu menit setiap kali anda melakukannya.

5--Sekali-sekali sisihkan waktu satu menit setiap hari untuk melihat apa
yang telah anda laksanakan,

6--Melihat apakah perilaku anda cocok dengan sasaran anda atau tidak.

Dengan demikian, manajer satu menit dimulai dengan menetapkan sasaran satu
menit, yang harus dibaca setiap hari dalam waktu tak lebih dari satu menit,
kemudian menilai perilaku sendiri apakah telah sesuai dengan sasaran
tersebut, dan memecahkan persoalan dengan penuh tanggung jawab untuk
mencapai sasaran-sasaran tersebut. (11042002)

(Diresume dari: Kenneth Blanchard Ph.D. & Spencer Johnson M.D. - The One
Minute Manajer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar