Selasa, 08 Desember 2009

Menghilangkan Trauma PHK

Menghilangkan Trauma PHK

Siapa sih yang mau kena PHK? Pasti nggak ada yang mau lah ya. Tapi kalau perusahaan terus melakukan restrukturisasi, mau nggak mau tetap aja akan ada PHK. Masalahnya selama anda masih menikmati pekerjaan saat ini kayaknya anda selalu berharap agar jangan sampai deh kena PHK. Nah kalau ternyata PHK menimpa anda bagaimana? Apakah anda mau menangis tersedu-sedu selama berbulan-bulan? Atau mau bunuh diri? Wah jauh-jauh deh!

Memang sih PHK merupakan satu kata yang paling menakutkan bagi semua karyawan. Bagaimana tidak? PHK itu kan pada dasarnya cuma kata-kata yang dihaluskan dari kata 'pemecatan'. Tapi apa mau dikata kalau anda terkena PHK juga. Walaupun terasa sangat berat, percayalah bahwa PHK bukanlah akhir dari segalanya. Kalau anda begitu terluka akibat PHK, kayaknya anda perlu resep untuk menghilangkan trauma PHK deh. Mau tau? Simak resepnya di bawah ini:

- Amankan segera selembar surat Pemutusan Hubungan Kerja anda. Simpan baik-baik di tempat yang tidak mudah terlihat dan sulit anda jangkau. Jangan sekalipun membacanya kembali kalau anda masih sakit hati. Lebih baik anda simpan dan biarlah surat PHK itu menjadi kenangan pahit bagi anda.

- Kembalikan keseimbangan suasana hati anda yang masih shock akibat pemecatan. Anda bisa melakukan kegiatan yang menjadi kegemaran anda selama ini. Kalau anda hobi traveling, coba deh anda jalan-jalan ke tempat-tempat vaforit anda. Sendiri pun nggak masalah asal anda bisa enjoy. Tapi tentu saja kegiatan ini jangan sampai menghabiskan uang pesangon anda. Saat itu jauhkan pikiran dari beban PHK yang begitu berat bagi anda. Nikmati saja suasana yang ada.

- Bicarakan masalah anda dengan keluarga. Jangan diam-diam saja dengan masalah ini, cobalah anda berterus terang. Mereka pasti akan sangat memahami masalah anda. Ingat dukungan moril dari keluarga di saat sulit seperti ini akan mengurangi beban pikiran anda.

- Temuilah sahabat anda, ceritakan apa yang baru saja anda alami. Tapi jangan sampai terkesan mengeluh loh! Berceritalah sebatas informasi bahwa anda tidak bekerja lagi di kantor yang dulu menjadi kebanggaan anda. Sobat yang baik biasanya akan memberi dukungan agar anda tidak semakin terpuruk. Kemudian pilihlah topik pembicaraan yang menyenangkan, dengarkan humor-humor terbaru yang belum anda tahu. Dan tertawalah bersama. Dengan demikian paling tidak anda bisa sedikit terhibur dengan pertemuan ini. Hal ini sangat membantu untuk mengembalikan semangat anda.

- Tanamkan dalam diri anda untuk melewati masa-masa sulit ini. Segera hunting pekerjaan baru lewat berbagai media yang tersedia. Jangan pernah berhenti mendapatkan dan mencoba peluang baru. Yakinkan bahwa PHK tidak akan menghilangkan potensi anda. Karena seseorang di PHK belum tentu karena tidak memiliki kemampuan, bisa saja karena perbedaan cara pandang dengan manajemen.

Bagaimana? Udah nggak trauma lagi kan sama PHK? Kalau anda terus menerus terpuruk akibat PHK anda tidak akan pernah mendapatkan peluang yang lebih baik loh. So, buruan deh bangkit dari keterpurukan PHK. Emang sih awalnya sulit tapi semakin cepat anda bangkit akan semakin cepat pula anda menangkap peluang yang lebih baik. Good luck...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar