Selasa, 08 Desember 2009

Cara Memotivasi Orang Lain

Cara Memotivasi Orang Lain

Kali ini saya akan menggambarkan bagaimana cara memotivasi orang atau apa saja yang diperlukan untuk memotivasi karyawan. Sebelum Anda memotivasi orang lain, Anda perlu memahami elemen-elemen apa yang diperlukan supaya mereka termotivasi.

Elemen pertama yang perlu diperhatikan adalah usaha. Banyak orang tidak berusaha maksimal dalam melakukan pekerjaan, mereka menganggap bahwa pekerjaan adalah sekedar kebiasaan. Tugas kita memotivasi mereka, bahwa tanpa usaha keras, sukses dalam hidup tidak akan dapat mereka raih. Memotivasi usaha adalah elemen paling dasar dan umum dalam memotivasi orang.

Kedua adalah efektifitas bekerja. Seringkali orang melakukan cara yang salah dalam bekerja. Kita juga sering melihat orang-orang yang sudah bekerja keras, tetapi hasilnya sangat jelek. Mereka adalah contoh orang-orang yang tidak mampu bekerja secara efektif. Kalau Anda hanya push mereka untuk bekerja lebih keras, maka yang akan Anda dapatkan adalah orang yang bekerja lebih keras tetapi tidak menghasilkan sesuatu yang berarti untuk perusahaan. Ini juga salah dan perlu diperbaiki. Anda juga harus bisa mengajarkan mereka, cara bekerja yang benar. Inilah yang akan mendorong karyawan meningkatkan efektivitas bekerja.

Ketiga adalah ketekunan. Bila ada seseorang yang biasanya bekerja keras, tiba-tiba kehilangan gairah dan mengalami kegagalan, kemudian tidak mau bekerja lagi, maka Anda secara berkala harus mengingatkan dia tentang pentingnya ketekunan.

Berikut tiga hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendorong karyawan ke arah yang lebih baik.

Yang pertama adalah uang. Tidak dapat kita pungkiri bahwa memang ada orang-orang tertentu yang sangat ter-drive oleh nilai uang atau money value, sehingga mereka akan bekerja keras kalau mendapat komisi besar. Contohnya profesi pemborong bangunan. Tidak seperti pekerja bangunan yang dibayar harian, pekerja borongan akan cepat sekali bekerja. Kalau Anda amati, untuk membuat tembok atau lantai, mereka dapat bekerja lebih cepat 3 sampai 4 kali dibandingkan para pekerja harian, walaupun agak terburu-buru dan hasil kerjanya kasar. Uanglah yang memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras. Walaupun tidak semua orang tidak termotivasi dengan uang, tetapi uang atau benefit secara finansial tetaplah penting dalam memotivasi karyawan.

Hal kedua yang perlu diperhatikan selain uang adalah kepuasan dalam bekerja atau feeling appreciated. Saat karyawan bekerja dengan baik, Anda berterimakasih kepada mereka. Anda juga memberikan penghargaan non
material kepada mereka. Inilah salah satu yang memotivasi orang untuk bekerja lebih keras.

Hal ketiga adalah contoh. Kalau Anda memberikan contoh jelek dalam bekerja, bermalas-malasan, tidak mau datang pagi, maka bagaimana Anda mengharapkan karyawan Anda bekerja keras?

Semoga poin-poin penting yang saya sebut di atas dapat membantu Anda menentukan langkah yang terbaik dalam memotivasi karyawan.
Sukses Untuk Anda,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar