Selasa, 08 Desember 2009

TIPS MENGATASI KECANDUAN KERJA (WORKAHOLIC)

TIPS MENGATASI KECANDUAN KERJA (WORKAHOLIC)
-Rekan-Kantor.com-

Editor: Berikut adalah artikel yang dikirim oleh rekan Aldin
(aldin@m......com) berjudul "12 Langkah untuk membebaskan diri dari
pekerjaan yang menumpuk" yang berisikan tips-tips bagaimana kita bisa
mengatasi kecanduan kerja atau Workaholic. Semoga bermanfaat.

1--Delegasikan
Ini adalah tindakan yang cukup berani bagi mereka yang workaholic. Sebab,
seorang penggila kerja biasanya takut orang lain akan mengacaukan
pekerjaannya.

2--Jaga keseimbangan dalam hidup
Penelitian menunjukan, para pekerja akan lebih produktif bila mereka punya
cukup waktu untuk berlibur, dan memiliki keseimbangan dalam hidup. Jennifer
White, penulis buku "Work Less, Work More", - menyarankan untuk sedikitnya
berlibur selama dua minggu setiap tahunnya. "Jangan bawa laptop dan ponsel
anda saat berlibur", sarannya. "Menjauhlah anda sejenak dari rutinitas
kantor untuk kembali mengenali diri anda lagi."

3--Tetapkan waktu untuk mengakhiri pekerjaan dan taati selalu
Tentukan waktu untuk mengakhiri jam kerja dalam satu hari. White selalu
mengajak anjingnya berjalan-jalan pada jam 6 sore setiap harinya. "Dengan
begitu, saya bisa mengakhiri pekerjaan dalam satu hari dan memulai kehidupan
pribadi saya," katanya.

4--Rawatlah diri anda sendiri
Olahraga, meditasi, makan teratur, istirahat yang cukup. Anda tidak dapat
membuat pilihan yang baik bila terlalu lelah. Habiskan waktu bersama teman
dan orang-orang terdekat. Semua hal ini mengenai merawat dan mengasuh
kembali diri anda sendiri. Tentukan batasan-batasan yang perlu diikuti dalam
melakukan segala sesuatunya dan pelajari cara hidup yang sehat.

5--Buat sistem pendukung
Cari orang-orang dengan kehidupan yang baik dan berpengaruh besar dalam
membentuk diri anda. Dengan begitu, anda punya model yang dapat dicontoh.
Tanyakan pada mereka apa yang baik dan sesuai untuk anda.

6--Datangi ahli terapi yang baik
Bukan yang akan membuat anda menjalani terapi sepanjang tahun, Namun
sesorang yang dapat membantu anda membuat perubahan.

7--Buatlah prioritas
Mengatur pekerjaan bukan berarti penjadwalan yang baik, namun mengenal
prioritas. Pilih enam hal yang dapat anda selesaikan dalam satu hari,
daripada membuat sebuah daftar kerja yang panjang. Lakukan enam hal tesebut,
kemudian... berhenti bekerja!

8--Buat jadwal bersama pasangan dan keluarga
Tentukan ritual yang akan anda lakukan bersama keluarga, seperti makan di
restoran favorit lalu jalan-jalan ke toko buku dan makan es krim.
Sekali-sekali anda harus bersenang-senang.

9--Ramahlah terhadap diri sendiri
Seorang workaholic kasar terhadap dirinya sendiri. Terkadang, ia mau
melakukan apa saja untuk menyenangkan atasan.

10--Jauhi semua yang bersifat racun dan merusak
Bisa berupa orang, tempat, kebiasaan, segala sesuatu yang bersifat racun
dapat merusak, termasuk - bila perlu - pekerjaan anda.

11--Lakukan tugas melayani masyarakat.
Anda dapat menjadi sukarelawan, namun lakukanlah sesuai kebutuhan.

12--Jika sesuatu terasa tidak benar, jauhi.
Banyak pencandu kerja memendam atau meragukan perasaan dan intuisi mereka
sendiri. Pelajarilah cara memahami perasaan anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar